World Human Rights Awards Hadir di Jakarta

InfoSinema Jakarta, 07/01 – Dalam rangka memperingati hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia dan Martin Luther King Day, World Human Rights Awards (WHRA), festival internasional yang memberi penghargaan bagi para sineas dan mereka yang mendedikasikan hidup dan pekerjaan dengan berjuang membela hak-hak asasi manusia, akan diadakan di Jakarta mulai dari tanggal 18 Januari sampai dengan 30 Januari.

Rangkaian acara festival akan dimulai dengan Malam Penghargaan pada tanggal 18 Januari, yang akan diadakan di Auditorium Radio Republik Indonesia, dan dilanjutkan dengan pemutaran film-film pemenang di Pusat Kebudayaan Rusia Jakarta dan di beberapa tempat lainnya.

Festival WHRA bekerja sama dengan beberapa festival internasional lain sebagai partner festival, yaitu World Documentary Awards (WDA), World Animation Awards (WAA), dan International Film and Photography Festival (IFPF).

Lily Wahid, Penasihat Dewan Kreatif Rakyat (DKR) sebagai salah satu penyelenggara WHRA, mengatakan bahwa orang-orang yang berjuang untuk Hak Asasi Manusia perlu diberi penghargaan; hal ini akan menjadi ajang untuk lebih mengenal para aktivis HAM, dan juga menginspirasi generasi mendatang.

Damien Dematra (Founder dan Director festival )mengatakan bahwa ada 215 film dari 5 benua yang telah mengirim film mereka untuk berpartisipasi dalam festival film yang baru pertama kali diselenggarakan di dunia ini.

Menurut Dra. Rosarita Niken Widiastuti, Msi. (Dirut LPP RRI), RRI sangat mendukung festival ini karena memiliki tujuan yang sangat mulia, yaitu kepedulian dan penghormatan terhadap hak asasi manusia, mengingat pemenuhan hak asasi manusia harus diwujudkan bersama-sama. Termasuk media massa juga perlu terus mendukung dan menyuarakan penghormatan terhadap hak asasi manusia. Hak asasi menyangkut kebebasan berpendapat, melakukan komunikasi dan mendapatkan informasi. Pada kesempatan ini RRI siap menjadi media patner penyelenggaran World Human Rights Awards (WRHA).

World Human Rights Awards diselenggarakan atas kerjasama Pusat Kebudayaan Rusia Jakarta, iHebat International Volunteers, Yayasan Peduli Anak Indonesia (PENA), World Film Council, dan dengan mendapat dukungan penuh Radio Republik Indonesia (RRI) sebagai media partner sekaligus salah satu penyelenggara.

Dalam Konferensi Pers yang diadakan di Pusat Kebudayaan Rusia Jakarta ini hadir sebagai narasumber antara lain: Dirut LPP RRI Dra. Rosarita Niken Widiastuti, Msi., artis dan sutradara muda sekaligus Duta HAM Natasha Dematra, artis senior dan Penasihat DKR Erna Santoso, Ketua iHebat International Volunteer Arie Rahmadani, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>