Antara Mau Jadi Apa? dan 3 Idiots: Another Comedy bertema Comiing of Age

InfoSinema – Mau Jadi Apa ? yang berlatar kehidupan kampus, mengingatkan pada 3 Idiots (2000) – sebuah film drama komedi box office karya sutradara Rajkumar Hirani. Drama komedi bertema coming of age ini mengisahkan trio mahasiswa Rancho, Farhan dan Raju. Penonton 3 idiots pasti tidak akan pernah lupa bagaimana Aamir Khan dengan sukses memerankan tokoh Rancho yang pinter-pinter bloon dan memimpin gengnya untuk mengerjai dekan killernya yang digelari “Virus”. Siapapun yang pernah menonton 3 Idionts pasti tidak pernah lupa mengikuti alur emosi Rancho yang jatuh bangun berhadapan dengan Pia si judes cantik mahasiswi kedokteran, yang tidak lain anak sang Dekan. At the end. semua penonton ikut bergembira ketika para 3 idiots dalam suksesnya masing-masing berhasil menemukan jalan hidup mereka.

Siapa sih Soleh Solihun ?

Bagi penggemar stand up comedy, nama ini tentu tak asing lagi. Soleh Solihun menjadi seleb di Youtube stelah penampilannya ngemsi di acara off aoir Radio Global Jakarta (2010).  Sejak diajak tampil ke Stand Up Comedi Show di Metro TV. Penampilan lperdana di layar kaca ini mengawali karir barunya sebagai salah satu stand up comedian Indonesia yang layak diperhitungkan kiprahnya.

Karir baru? Ya, sebgaiman dapat dilacak pada Wikipedia, sebelum terkenal menjadi stand up comedian, Soleh Solihun yang alumni Jurnalistik Universitas Padjajaran Bandung merupakan seorang wartawan. Dia pernah menjadi reporter di Trax Magazine (2004-2005), Feature Editor di Playboy Indonesia (2006 – 2008), dan Editor di Roling Stone Indonesia 2008-2012. Salah satu tulisan Soleh mendapat penghargaan dari Anugerah Adiwarta Sampoerna pada tahun 2006 sebagai feature terbaik kategori Seni dan Budaya.

Dengan bekal sebagai jurnalis yang mumpuni, tak heran jika Soleh mampu menampilkan sketsa parodi tentang Indonesia dengan ciamik. Terampil mengolah kata dalam gaya dan narasi yang menyentil, unik, menggelitik, itulah Soleh Solihun. Setelah terkenal menjadi stand up comedian tawaran main film berdatangan pada Soleh Solihun. Beberapa film yang dibintanginya adalah; Cinta Brontosaurus, Hangout, dan Shy Shy Cat. Mau Jadi Apa? merupakan karya pertamanya sebagai sutradara sekaligus pemain dari skenario yang ditulisnya bersama Agasyah Karim dan Khalid Kashogi. Soleh juga telah menelurkan beberapa buku laris, yaitu Majelis Tidak Alim, Celoteh Soleh, Kastana Taklukkan Jakarta, dan Mau Jadi Apa ?

Lalu….?

Siapapun Anda, apakah mahasiswa, dosen, mantan mahasiswa, murid SMA, mahasiswa wannabe, krabat, pacar, atau fans mahasiswa, jangan lewatkan film yang satu ini. Mau Jadi Apa? tayang 30 November 2017 di bioskop-bioskop kesayangan Anda. (Kata Soleh, adalnya dari mana kok orang selalu menyebut bioskop kesayangan, ya?)

Begitulah kira-kira tulisan dari rilis yang dibagikan kepada media sesaat setelah pengumuman Lomba Penulisan Kritik Film, Lomba Penulisan Artikel Opini Perfilman, dan Features Perfilman Apresiasi Film Indonesia 2017, dan sesaat setelah pemutaran film Mau Jadi Apa ? kepada media di lantai 2 Gedung Perpustakaan Nasional yang baru di Jl. Merdeka Selatan dekat Balai Kota, Jakarta. (Rabu 22, November 2017). Yang pembukaanya dilaksanakan oleh Ketua Pusat Pengembangan Film Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Bapak Maman Wijaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>