A Copy Of My Mind Karya Joko Anwar Rilis Di Indonesia

InfoSinema Jakarta, 3 Februari 2016 – Setelah tayang di berbagai festival internasional dan memenangkan beberapa penghargaan, Film ‘A COPY OF MY MIND’ Karya Joko Anwar Rilis Di Indonesia.

Perjalanan film A Copy of My Mind karya Joko Anwar sebagai sebuah produksi perdana Lo-Fi Flicks adalah sebuah cerita tersendiri.

Perjalanan A Copy of My Mind dimulai justru dari Busan Film Festival 2014, ketika Joko dan produser, Tia Hasibuan, berhasil mengikuti pitching di Asian Project market, setelah disaring hanya menjadi 20 project dari ribuan project film di seluruh dunia.

Pada forum itu, project A Copy of My Mind memenangkan hadiah sebesar US $ 10.000 (sepuluh ribu dolar Amerika) yang nilainya hampir setara Rp. 150.000.000,- (seratus lima puluh juta rupiah) dan CJ Entertainment Korea ikut serta dalam produksi bersama film ini.

Dengan dana yang seadanya, A Copy of My Mind akhirnya selesai pada Mei 2015 dengan dibintangi oleh, antara lain, Tara Basro, Chicco Jerikho, Ario Bayu, Maera Panigoro, dan Paul Agusta.

Ketika film sudah jadi dan sebenarnya sudah siap untuk diluncurkan ke publik, kabar baik datang dari berbagai festival film internasional yang sangat prestisius.

A Copy of My Mind masuk dalam kompetisi di Venice Film Festival – Italia, kemudian di Toronto International Film Festival (TIFF), dan kembali ke asal project, di Busan Film Festival – Korea Selatan.

Setelah melanglang di berbagai festival film internasional yang bergengsi tersebut dan mendapatkan berbagai apresiasi yang sangat positif, barulah A Copy of My Mind bisa hadir menyapa publik Indonesia.

Dan kehadirannya pertama kali untuk publik Indonesia secara terbatas juga melalui Festival Film Indonesia 2015 dimana A Copy of My Mind mendapatkan 7 (tujuh) nominasi Piala Citra dan memenangkan 3 (tiga) di antaranya yaitu penghargaan Sutradara Terbaik, Aktris Pemeran Utama Terbaik, dan Tata Suara Terbaik.

Berbagai pencapaian ini masih dilanjutkan dengan berita baru bahwa A Copy of My Mind juga terpilih untuk Rotterdam International Film Festival.

Dengan berbagai apresiasi dan pencapaiannya, film drama percintaan dengan latar belakang politik ini telah dinanti publik Indonesia secara luas.

A Copy of My Mind bercerita tentang seorang perempuan pekerja salon murah dan seorang laki-laki pembuat alih bahasa untuk DVD bajakan di Jakarta. Keduanya bertemu dan jatuh cinta. Tapi sepasang orang biasa ini tidak sengaja harus berurusan dengan dunia politik yang mengancam hubungan mereka.

A Copy of My Mind adalah film panjang kelima yang ditulis dan disutradarai oleh Joko Anwar yang menggunakan gaya bercerita yang berbeda dari film-film  Joko Anwar sebelumnya.

A Copy of My Mind dibuat senatural mungkin di segala aspek.

Sebagian besar set adalah lokasi yang sebenarnya dan sebagaian besar pemain pendukung adalah orangyang tinggal atau kerja di tempat suting.

“Saya ingin A Copy of My Mind jadi time capsule Jakarta, Indonesia, sekarang.

Jadi nanti kita bisa melihat situasi Indonesia yang sebenar-benarnya saat ini, kapan saja kita mau melihat ke belakang,” kata Joko.

Gaya bercerita film ini tentunya bertolak belakang dengan film-film Joko Anwar selama ini yang sengaja tidak memiliki identitas tempat dan waktu yang definitif.

Bersamaan dengan waktu rilis bioskop A Copy of My Mind, Plaza Indonesia juga kembali menghadirkan Plaza Indonesia Film Festival dengan tema “Love Philosophy” dari tanggal 9-12 Februari 2016 dan A Copy of My Mind akan menjadi film penutup dari Plaza Indonesia Film Festival.

Screening film A Copy of My Mind pada tanggal 12 Februari pada pukul 19:30 akan dibuka dengan film discussion bersama sang sutradara Joko Anwar dan pemeran utama pria, Chicco Jerikho.

Film A Copy of My Mind akan ditayangkan mulai 11 Februari, 2016 di seluruh jaringan bioskop yang ada di Indonesia serentak secara nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>